Aksi Nyata Modul 3.2

 

Aksi Nyata Modul 3.2

Modul 3.2 Pendidikan Guru Penggerak berisi materi dan kegiatan mengenai Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Alur MERDEKA terakhir dalam modul ini adalah aksi nyata yang memiliki tujuan pembelajaran khusus berupa CGP mendidentifikasi secara kolaboratif bersama warga sekolah lainnya tentang aset / kekuatan / sumber daya yang dimiliki sekolah. Kegiatan yang dilakukan adalah identifikasi secara kolaboratif supaya warga sekolah dapat secara bersama mengetahui aset-aset yang dimiliki sekolah untuk dimanfaatkan dalam peningkatan kualitas pendidikan.

Kegiatan aksi nyata yang saya lakukan adalah melakukan identifikasi aset/modal/kekuatan sekolah bersama kepala sekolah, rekan sejawat dan siswa kelas VI. Kolaborasi dengan kepala sekolah saya lakukan karena kepala sekolah merupakan pihak yang paling memahami aset sekolah dan pemanfaatannya untuk program sekolah secara luas. Rekan sejawat yang terdiri atas koordinator bidang/wakil kepala sekolah bidang humas, keagamaan, bendahara dan wali kelas merupakan pihak yang memanfaatkan aset sekolah untuk keperluan pembelajaran. Sedangkan siswa merupakan pihak yang mengalami atau merasakan pemanfaatan aset sekolah.

Hasil identifikasi secara kolaborasi pada aksi nyata ini dapat disimak sebagai berikut.

1. Hasil Identifikasi Aset Bersama Kepala Sekolah

a. Modal manusia terdiri dari :

  • Guru dan Karyawan yang berjumlah 34 orang dengan kualifikasi S1 dan S2, serta 16 guru sudah bersertifikat pendidik
  • RT, RW, Lurah, Mantri, Pamong Praja, Polisi, Komunitas di sekitar sekolah, grup senam
  • Dinas Pendidikan
  • Dinas Sosial
  • Kemenag
  • Bank mitra sekolah
  • Dunia usaha mitra sekolah

b. Modal Sosial berupa komunitas yang terdiri dari :

  • Orang tua / Komite sekolah
  • KCD VI Bandung Barat-Cianjur
  • MKKS Bandung Barat
  • MGMP Bandung Barat
  • Puskesmas Cililin
  • RSUD Cililin

c. Modal Politik

  • Kebijakan Dinas
  • Kebijakan yang berkaitan dengan keuangan
  • PKH
  • PIP

d. Modal Agama dan Budaya

  • Berdekatan dengan Ponpes Al-Huda
  • Budaya 5 S dan 7K
  • Karakter Rasul baik kepada lingkungan, seperti zakat, kurban, infak kepedulian sosial
  • Sholah dhuha jamaah,  tadarus
  • Tidak terjadi bullying

e. Modal Fisik

  • Bangunan 3 unit dengan 18 kelas
  • Terdiri atas 2 lantai
  • Ruang TU
  • Gudang
  • Ruang Kepala Sekolah
  • Laboratorium Komputer
  • Laboratorium Farmasi
  • Kantor guru
  • Perpustakaan
  • Kantin
  • Lahan Parkir
  • Lapangan Olahraga
  • Dapur
  • UKS
  • Toilet

f. Modal Lingkungan

  • SMAN 1 CILILIN
  • CURUG SAWER
  • Gedung Radio Cililin (Peninggalan Belanda)
  • Pasar Cililin
  • Masjid Besar dan Alun-alun Cililin
  • Terminal Cililin

g. Modal Finansial

  • Iuran Masyarakat (SPP)
  • Bantuan dari pemerintah (BOSNAS)
  • Beasiswa PIP

Seluruh sumber daya tersebut digunakan untuk pelaksanaan program sekolah untuk mencapai vis, misi dan tujuan sekolah

 

 

2. Hasil identifikasi aset bersama Rekan Sejawat

a. Modal Manusia

  • Guru berpendidikan S1 dan S2, bersertifikat pendidik sesuai bidangnya
  • Tenaga Kebersihan
  • Karyawan
  • Pengawas
  • Komite sekolah
  • Orang tua siswa
  • Bapak Slamet pengangkut sampah

b. Modal Sosial

  • Masyarakat sekitar, RT, RW
  • BKS
  • PGRI

c. Modal Politik

  • Kebijakan Dikpora Kabupaten Bandung Barat
  • Kebijakan KCD VI KBB Cianjur

d. Modal Agama dan Budaya

  • Seluruh warga sekolah beragama Islam
  • 5S dan 7K
  • Pembiasaan shalat, dhuhur dhuha, infak harian, infak jumat, kaleng surga untuk membentuk akhlak

e. Modal Fisik

  • Kelas
  • Ruang SPP
  • Kantor
  • Kantin
  • Perpustakaan
  • Laboratorium Komputer
  • Gudang
  • UKS
  • Kantor Kepala Sekolah
  • Mushola
  • Kamar mandi
  • PLN (jaringan listrik)
  • Saluran air dan sumur
  • Wifi sekolah
  • Jaringan telepon

f. Modal Lingkungan

  • Pasar Cililin
  • Masjid Al Huda
  • Lapangan Parkir

g. Modal Finansial

  • SPP siswa
  • BOSNAS, BOSDA
  • Infak pembangunan
  • Kaleng Surga
  • Infak Harian
  • Infak Jumat
  • Bantuan Dinsos
  • Bantuan LazisMu

 

3. Hasil Identifikasi Aset Bersama Siswa

  • Modal Manusia : Guru, Siswa, Pak Muhtar, Karyawan, Kepala Sekolah
  • Modal Sosial : -
  • Modal Politik : Tata tertib sekolah
  • Modal Agama dan Budaya : Agama Islam, Ramah, Senyum, Sapa, Akhlak baik
  • Modal Fisik : Perpustakaan, Lab Komputer, Kantin, Kelas, Ruang Guru, Lapangan, Kamar Mandi
  • Modal lingkungan : Pasar Karangwaru
  • Modal Finansial / Keuangan : SPP

Kesimpulan

  1. Seorang pemimpin pembelajaran dalam hal ini kepala sekolah maupun guru harus senantiasa dapat memanfaatkan sumber daya yang ada di sekolah untuk kepentingan seluruh warga sekolah.
  2. Guru memanfaatkan sumber daya atau aset sekolah untuk kegiatan pembelajaran yang bermakna dan menumbuhkan karakter Profil Pelajar Pancasila

Demikan aksi nyata ini saya susun. Semangat memanfaatkan aset sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Salam dan Bahagia

                                                                 Dokumen Foto-foto






Komentar

Postingan Populer