Aksi Nyata Modul 3.2
Aksi Nyata Modul 3.2
Modul 3.2 Pendidikan Guru Penggerak berisi materi dan
kegiatan mengenai Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Alur MERDEKA terakhir
dalam modul ini adalah aksi nyata yang memiliki tujuan pembelajaran khusus
berupa CGP mendidentifikasi secara kolaboratif bersama warga sekolah lainnya
tentang aset / kekuatan / sumber daya yang dimiliki sekolah. Kegiatan yang
dilakukan adalah identifikasi secara kolaboratif supaya warga sekolah dapat
secara bersama mengetahui aset-aset yang dimiliki sekolah untuk dimanfaatkan
dalam peningkatan kualitas pendidikan.
Kegiatan aksi nyata yang saya lakukan adalah melakukan
identifikasi aset/modal/kekuatan sekolah bersama kepala sekolah, rekan sejawat
dan siswa kelas VI. Kolaborasi dengan kepala sekolah saya lakukan karena kepala
sekolah merupakan pihak yang paling memahami aset sekolah dan pemanfaatannya
untuk program sekolah secara luas. Rekan sejawat yang terdiri atas koordinator
bidang/wakil kepala sekolah bidang humas, keagamaan, bendahara dan wali kelas
merupakan pihak yang memanfaatkan aset sekolah untuk keperluan pembelajaran.
Sedangkan siswa merupakan pihak yang mengalami atau merasakan pemanfaatan aset
sekolah.
Hasil identifikasi secara kolaborasi pada aksi nyata ini
dapat disimak sebagai berikut.
1. Hasil Identifikasi Aset Bersama Kepala Sekolah
a. Modal manusia terdiri dari :
- Guru
dan Karyawan yang berjumlah 34 orang dengan kualifikasi S1 dan S2, serta
16 guru sudah bersertifikat pendidik
- RT,
RW, Lurah, Mantri, Pamong Praja, Polisi, Komunitas di sekitar sekolah,
grup senam
- Dinas
Pendidikan
- Dinas
Sosial
- Kemenag
- Bank
mitra sekolah
- Dunia
usaha mitra sekolah
b. Modal Sosial berupa komunitas yang terdiri dari :
- Orang
tua / Komite sekolah
- KCD
VI Bandung Barat-Cianjur
- MKKS
Bandung Barat
- MGMP
Bandung Barat
- Puskesmas
Cililin
- RSUD
Cililin
c. Modal Politik
- Kebijakan
Dinas
- Kebijakan
yang berkaitan dengan keuangan
- PKH
- PIP
d. Modal Agama dan Budaya
- Berdekatan
dengan Ponpes Al-Huda
- Budaya
5 S dan 7K
- Karakter
Rasul baik kepada lingkungan, seperti zakat, kurban, infak kepedulian
sosial
- Sholah
dhuha jamaah, tadarus
- Tidak
terjadi bullying
e. Modal Fisik
- Bangunan
3 unit dengan 18 kelas
- Terdiri
atas 2 lantai
- Ruang
TU
- Gudang
- Ruang
Kepala Sekolah
- Laboratorium
Komputer
- Laboratorium
Farmasi
- Kantor
guru
- Perpustakaan
- Kantin
- Lahan
Parkir
- Lapangan
Olahraga
- Dapur
- UKS
- Toilet
f. Modal Lingkungan
- SMAN
1 CILILIN
- CURUG
SAWER
- Gedung
Radio Cililin (Peninggalan Belanda)
- Pasar
Cililin
- Masjid
Besar dan Alun-alun Cililin
- Terminal
Cililin
g. Modal Finansial
- Iuran
Masyarakat (SPP)
- Bantuan
dari pemerintah (BOSNAS)
- Beasiswa
PIP
Seluruh sumber daya tersebut digunakan untuk pelaksanaan
program sekolah untuk mencapai vis, misi dan tujuan sekolah
2. Hasil identifikasi aset bersama Rekan Sejawat
a. Modal Manusia
- Guru
berpendidikan S1 dan S2, bersertifikat pendidik sesuai bidangnya
- Tenaga
Kebersihan
- Karyawan
- Pengawas
- Komite
sekolah
- Orang
tua siswa
- Bapak
Slamet pengangkut sampah
b. Modal Sosial
- Masyarakat
sekitar, RT, RW
- BKS
- PGRI
c. Modal Politik
- Kebijakan
Dikpora Kabupaten Bandung Barat
- Kebijakan
KCD VI KBB Cianjur
d. Modal Agama dan Budaya
- Seluruh
warga sekolah beragama Islam
- 5S
dan 7K
- Pembiasaan
shalat, dhuhur dhuha, infak harian, infak jumat, kaleng surga untuk
membentuk akhlak
e. Modal Fisik
- Kelas
- Ruang
SPP
- Kantor
- Kantin
- Perpustakaan
- Laboratorium
Komputer
- Gudang
- UKS
- Kantor
Kepala Sekolah
- Mushola
- Kamar
mandi
- PLN
(jaringan listrik)
- Saluran
air dan sumur
- Wifi
sekolah
- Jaringan
telepon
f. Modal Lingkungan
- Pasar
Cililin
- Masjid
Al Huda
- Lapangan
Parkir
g. Modal Finansial
- SPP
siswa
- BOSNAS,
BOSDA
- Infak
pembangunan
- Kaleng
Surga
- Infak
Harian
- Infak
Jumat
- Bantuan
Dinsos
- Bantuan
LazisMu
3. Hasil Identifikasi Aset Bersama Siswa
- Modal
Manusia : Guru, Siswa, Pak Muhtar, Karyawan, Kepala Sekolah
- Modal
Sosial : -
- Modal
Politik : Tata tertib sekolah
- Modal
Agama dan Budaya : Agama Islam, Ramah, Senyum, Sapa, Akhlak baik
- Modal
Fisik : Perpustakaan, Lab Komputer, Kantin, Kelas, Ruang Guru, Lapangan,
Kamar Mandi
- Modal
lingkungan : Pasar Karangwaru
- Modal
Finansial / Keuangan : SPP
Kesimpulan
- Seorang
pemimpin pembelajaran dalam hal ini kepala sekolah maupun guru harus
senantiasa dapat memanfaatkan sumber daya yang ada di sekolah untuk
kepentingan seluruh warga sekolah.
- Guru
memanfaatkan sumber daya atau aset sekolah untuk kegiatan pembelajaran
yang bermakna dan menumbuhkan karakter Profil Pelajar Pancasila
Demikan aksi nyata ini saya susun. Semangat memanfaatkan
aset sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Salam dan Bahagia
Komentar
Posting Komentar
Isi Komentar Boss...!!!